Pengertian Warga Negara


Pengertian Warga Negara - Kita sering mendengar kata-kata , seperti warga desa,warga kota,warga masyarakat,warga bangsa dan warga dunia. Warga mengandung arti pesera atau anggota dari suatu organisasi perkumpulan. Jadi warga negara secara sederahan diartikan sebagai anggota dari suatu negara.

Istilah warga negara merupakan terjemahan kata citizen(Inggris). Kata citizen secara etimologis berasal dari masa Romawi yang pada waktu itu berbahasa Latin, yaitu kata “civis” yang berartianggota atau warga dari city-state. Selanjutnya kata ini dalam bahasa Perancis diistilahkan “citoyen” yang bermakna warga dalam “cite” (kota) yang memiliki hak-hak terbatas. Citoyen atau citizen dengan demikian bermakna warga atau penghuni kota.

Dalam Merriam-Webster Online Dictionary, dinyatakan defenisi citizen, sebagai berikut:
  • .          An inhabitant of a city town; especially : one entitled to the rights and privilages of a freeman.
  •          A: a member of state; b: a native or naturalized person who ownes allegience to a goverment and is entitled to protection from it.
  •  .       A civilian as disguished from specialized statement of the state.
Warga Negara
Warga Negara

Istilah citizen berkembang di inggris pada abad pertengahan namun menjelang akhir abad ke -19 , kata tersebut saling bertukar pakai dengan kata denizen. Kedua istilah tersebut secara umum menunjukan warga atau penduduk kota sedang orang-orang yang berbeda di luar disebut “subject”. Pada awalnya subject adalah nonwarga kota yang terdiri atas,wanita,anak-anak,budak, dan penduduk asing.
Berdasarkan uaraian di atasa , dapat dikemukakan bahwa citizen adalah warga dari suatu komunitas yang dilekati dengan sejumlah keistimewaan, memiliki kedudukan yang sederajat, memiliki loyalitas,berpartisipasi, dan mendapatkan perlindungan dari komunitasnya. Seorang cititizen dapat dibedakan dengan mereka yang bukan citizen.
Oleh karena itu, pada dasarnya istilah citizen lebih tepat sebagai warga, tidak hanya melulu warga sebuah negara, tetapi lebih luas pada komunitas lain disamping negara. Meskipun demikian, dalam perkembangan sekarang dimana negara merupakan komunitas politik yang dianggap paling absah maka citizen merujuk pada warga dari sebuah negara atau disingkat warga negara. Istilah warga negara (bhs Indonesia) kiranya telah menjadi konsep yang lazim sebagai terjemahan dari kata citizen.
Pada masa lalu dipakai istilah kawula negara (misalnya, zaman Hindi-Belanda) yang menunjukkan hubungan yang tidak sederajat dengan negara. Istilah kawula negara memberi kesan warga hanya sebagai objek atau milik negara. Sekarangini, istilah bwarga negara menggantikan kawula negara lazim digunakan untuk menunjukkan hubungan yang sederajat antara warga dan negaranya.

Di samping warga negara, perlu dijelaskan pula istilah rakyat dan penduduk . rakyat lebih merupakan konsep politis dan menunjuk pada orang-orang yang berada di bawah satu pemerintahan dan tunduk pada pemerintahan itu. Istilah rakyat umumnya dilawankan dengan penguasa. Penduduk adalah orang- orang yang bertempat tinggal di suatu wilayah negara dalam kurun waktu tertentu. Orang yang berada di suatu wilayah negara dapat dibedakan menjadi penduduk dan nonpenduduk. Sedangkan penduduk negara dapat dibedakan menjadi warga negara dan orang asing atau bukan warga negara.


Sekian artikel tentang Pengertian Warga Negara semoga dapat membantu.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Warga Negara"

Post a Comment